Monday, June 15, 2015

Menu Berbuka Puasa Favorit Bagi Anak

Ketika anak yang masih TK atau SD memulai ibadah shaum wajib bulan ramadhan ini, maka yang menjadi penyemangat mereka adalah menu buka puasa. Biasanya anak akan me-request menu apa yang harus disajikan untuk hidangan berbuka.

Sebagai orang tua, alangkah bijaksananya jika kita juga mempertimbangkan untuk memenuhi permintaan anak terkait menu yang mereka inginkan untuk berbuka, dengan tetap memperhatikan kondisi kerentanan anak terhadap makanan atau minuman tertentu.

Tidak semua anak tahan terhadap es saat berbuka puasa. Bahkan orang dewasapun belum tentu tidak terpengaruh kesehatannya dengan meminum es saat buka puasa. Efek paling ringan dari berbuka dengan menu aneka es adalah flu dan lebih parah akan menderita demam dan sakit tenggorokan alias batuk flu.

Secara kesehatanpun tidak dianjurkan untuk berbuka puasa dengan air es karena suhu tubuh kita selama 13,5 jam selama menahan makan dan minum akan meningkat. Ibarat sebuah kaleng yang dipanaskan hingga merah kemudian disiram dengan air, maka yang terjadi adalah kaleng akan remuk atau mengkerut karena perbedaan suhu yang ekstrem tersebut.

Begitu juga dengan tubuh kita, apalagi yang tidak terbiasa meminum es maka efek negatifnya akan segera terasa minimal hidung meler dan meriang.

Aneka minuman es memang sangat menggoda saat kita berpuasa, dan saat berbuka akan terasa begitu nikmat di tenggorkan dan kita akan merasa bertambah haus bila minum es ketika buka puasa. Akibatnya minimal 2 gelas es akan habis dalam sekejam dan perut akan kenyang dengan air. Padahal kita butuh untuk makan nasi dan kolak agar kebugaran tubuh kembali stabil.

Disamping aneka es, menu favorit buka puasa bagi anak dan mungkin juga orang dewasa adalah kolak, puding dan aneka makanan manis lainnya. Agar sehat biasakan anak berbuka dengan buah kurma, tentunya sobat sebagai ortu juga harus melakukan itu.

No comments:

Post a Comment