Saturday, June 27, 2015

Midnight Sun Matahari Bersinar Tengah Malam

Tengah malam identik dengan gelap gulita atau terang dengan cahaya bulan dan gemerlap cahaya bintang di langit. Itulah pengetahuan umum yang selama ini kita ketahui. Tapi tahukah sobat bahwa tengah malam tidak hanya identik dengan bulan dan bintang? bahkan ada wilayah yang tengah malamnya tidak mengenal gelap atau cahaya bulan dan bintang.

Mungkin pelajaran IPA kita waktu sekolah sd, smp dan sma dulu tidak atau belum pernah membahas fenomena matahari tengah malam atau midnight sun pada beberapa kawasan dimuka bumi ini. Salah satunya adalah wilayah Eropa Bagian Utara yaitu Finlandia, Norwegia, Swiss

Lapland Merupakan sebuah provinsi yang ada di Finlandia yang memiliki luas wilayah 98.946 km=C2=B2 dengan populasi penduduk berjumlah 187.777 jiwa (2002). Ibu kotanya ialah Rovaniemi. Provinsi ini ternyata memiliki sebuah fenomena unik indah untuk dipandang, yaitu matahari di tengah malam.

Hal ini terjadi Karena lokasinya yang memang berada di lingkar kutub, selama dua puluh empat jam dalam dua bulan setiap tahun provinsi ini akan disinari oleh matahari sepanjang hari tanpa henti. Fenomena unik ini biasanya disebut midnight sun atau matahari tengah malam.

Fenomena ini biasanya akan terjadi setiap bulan Juni dan Juli. Wisatawan yang mengunjungi Lapland dapat melihat secara langsung cahaya unik dari matahari tengah malam, yang tidak memberi batas antara siang dan malam di sini. Hal ini memungkinkan bagi para pelancong untuk mendaki gunung Lapland di malam hari atau bahkan melakukan olahraga golf selama 24 jam non-stop.

Salah satu tempat favorit wisatawan untuk wisata golf yang terdapat di Lapland adalah Bjorkliden GC, lapangan golf yang terletak paling utara provinsi ini. Letaknya berbatasan langsung dengan beberapa pegunungan yang merupakan perbatasan negara antara Swedia dan Finlandia serta Danau Tornestrask.

Selama Bulan Ramadan, wilayah bagian utara bumi ini akan mengalami masa puasa sangat lama di bandingkan dengan wilayah khatulistiwa. Mereka akan menjalani puasa selama lebih 20 jam sehari. Tapi selalu saja ada solusi dari Sang Khalik, bahwa suhu udara disana tidak membuat orang kehausan sebagaimana yang kita rasakan di wilayah katulistiwa karena meskipun matahari bersinar sepanjang hari tetap saja ada salju dan suhu hanya 17 derjat celcius.

“Engkau Masukkan malam ke dalam siang dan Engkau Masukkan siang ke dalam malam. Dan Engkau Keluarkan yang hidup dari yang mati dan Engkau Keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau berikan rezeki kepada siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan.” (Ali-Imran, 3: 27)

“Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam. Dan Dia Maha Mengetahui segala isi hati” (al-Hadid, 57: 6)


Maha Benar Allah dengan segala Firman-Nya

No comments:

Post a Comment